dunia karantina

Pengertian Karantina

Dec. 6, 2009 No Comments Posted under: Uncategorized

APA ITU KARANTINA ?

Karantina adalah tempat pengasingan dan/atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya Hama dan Penyakit atau organisme pengganggu dari luar negeri dan dari suatu Area ke Area lain di dalam negeri, atau keluarnya dari dalam wilayah negara Republik Indonesia.

TUJUAN KARANTINA :

Mencegah masuknya organisme pengganggu tumbuhan karantina dari luar negeri ke dalam wilayah negara Republik Indonesia;
Mencegah tersebarnya organisme pengganggu tumbuhan karantina dari satu area ke area lain di dalam wilayah negara Republik Indonesia;
Mencegah keluarnya organisme pengganggu tumbuhan tertentu dari wilayah negara Republik Indonesia apabila negara tujuan menghendakinya.

MEDIA PEMBAWA ORGANISME PENGGANGGU TUMBUHAN KARANTINA
( MP-OPTK )

Yang tergolong sebagai MP-OPTK adalah tumbuhan dan bagian-bagiannya dan/atau benda lain yang dapat membawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), seperti tumbuhan hidup, hasil tumbuhan baik yang belum diolah maupun telah diolah, kompos, biakn organisme.

PUNGUTAN JASA KARANTINA

Setiap Pemilik yang memanfaatkan jasa atau sarana pemerintah dalam melaksanakan tindakan Karantina Tumbuhan, dikenakan pungutan jasa Karantina Tumbuhan sesuai ketentuan Pasal 72 PP. No. 14 Tahun 2002 . Pungutan Jasa Karantina Tumbuhan terdiri dari biaya penggunaan sarana pada instalasi karantina milik Pemerintah dan biaya jasa pelaksanaan tindakan Karantina Tumbuhan oleh Petugas Karantina Tumbuhan.
Besaran Jasa Karantina tumbuhan yang dikenakan kepada pemilik diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 49 Tahun 2002 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Departemen Pertanian.

Virus Babi

wallpp4_10241

This entry was posted on Sunday, December 6th, 2009 at 5:57 am and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.

Leave a Reply